Jangan Jadi Gayus (Maaf bukan Ghibah…)


Jangan Jadi Gayus nanti Bisa Jayussss…

Gayus Tambunan, nama yang belakangan ini marak dibicarakan orang, terkenal karena kehebatannya memenfaatkan potensi akalnya….

Saya tak akan berbicara tentang kasus gayus dan apapun tentang perkembangan kasusnya… saya hanya ingin mengajak kita berfikir sejenak tentang diri kita semua.

Bro…

Banayak diantara kita yang tidak setuju dengan prilaku Pak Gayus, banyak yang menghujat habis Dia, dan banyak yang menyayangkan tentang beta korupnya negeri ini.  Tapi bro bila kta tafakuri kasus Pak Gayus ini, etapa ternyata banyak pelajaran yang dapat kita petik.

Pelajaran pertama : Potensi Akal

Pak Gayus merupakan contoh orang cerdik yang memanfaatkan akalnya untuk melakukan tindakan yang membuatnya menjadi kaya dan terkenal.  Potensi akal adalah anugrah Allah yang luar biasa, ia adalah amanah yang harus di jaga dan terus dikembangkan.

Kitapun memiliki potensi akal yang luarr biasa, namun tergantung pemanfaatannya.

Akal kan menjadi bermanfaat bagi kehidupan kita dunia dan akhirat jika kita menggunkannya untuk kebaikan dan berfikir bagaimana caranya meningkatkan ibadah.  Jika APk GAyus berfikir gimana caranya meningkatkan kekayaan dengan metodenya dia, dan dia berhasil, bagaianakah jika ia menggunakan potensi akalnya untuk terus meningkatkan amal ibadahnya?

Bisa dibayangkan betapa kayanya kita, jika berfikir untuk terus memperkaya amal kebaikan dan terus berupaya mendekatkan diri pada Allah SWT. Maka mari gunakan akal kita untuk berfikir kebaikan agar kita memperoleh kebahagiaan, tik hanya dunia tapi juga akhirat.

Pelajaran kedua: Hati-hati dengan hatimu

Brow…seorang koruptor tau penjahat kelas apapun pasti punya yang namanya hati.  Hanya saja hati yang diberikan terkadang ditinggalkan begitu saja karena mengikuti nafsunya.

Hati  itu ibarat cermin, satu keburukan dia buat maka akan muncul satu bercak hitam di hatinya, makin banyak keburukan ia buat maka makin tertutup hatinya.  Mungkin Mas Gayus pun sadar akan hal itu, ia punya hati, namun kekuatan setan membuatnya memilih jalan yang ia tempuh sekarang.

Brow…

Cara menjaga hati adalah dengan selalu mengingat Allah, cara selalu mengingatnya adalah dengan mentafakuri semua nikmatnya, kemudian bersyukur.  Jangan tinggalkan hatimu saat ia membisaikkan kebaikan kepadamu

“Maka Allah mengilhamkan pada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaan, sesungguhnya beruntung orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya” (QS: as-Syams [91]:10)

Pelaran ke tiga : Penyakit iman

Mas Gayus melakukan itu semua karena iman yang lemah, kita pun bisa berbuat mungkin lebih buruk dari itu (Na’uzubillah).  Iman yang lemah adalah awal dari setiap keburukan, maka perbaiki iman kalian, begitu pesan Rasulullah SAW kepada kita.

gimana cara memperbaiki iman, perbayak mengucap kalimat “La ila ha Illah”, maksudnya buka hanya menzikirkannya tetapi juga selalu memuji kebesaran-Nya, mengkaji Kalam-Nya, belajar lebih mengenal-Nya dan mencintai-Nya, karena Allahlah satu-satunya pemilik hati kita, pemilik kejayaan dan keberhasilan kita, maka bersamanya kita akan bahagia….

begitulah pelajaran bagi kita semua Brow…

setiap kejadian ada hikmahnya, dan setiap hikmah menjadi peringatan tersendiri buat kita.  Maka mari kita bersama-sama menjaga diri kita dari kerusakan iman yanga akan menjadikan kita rusak Akal dan hati.

Kalau ada lagu berjudul Andai ku Gayus Tambunan

Maka sekarang saya katakan jangan jadi Gayus yang kehilangan potensi akal, hati dan imannya, jikalau mau jadilah Gayus dengan fikiran dahsytanya yang selalu berusaha mendekatkan diri pada Tuhan-Nya, bukan mendekatkan diri pada Dunia belaka…

Oke Brow….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s