Indahnya Masalah tanpa Masalah…


Hujan turun membasahi bumi Bekasiku yang gersang…

Semoga kehadiran sang hujan membawa Rahmat tersendiri bagi bumi ini, mengawali hari dengan kesejukan alami anugrah Illahi…

Teringat akan kehidupan yang kulalui dengan hiasan kata Cinta, kebahagiaan dan masalah…

Ya…masalah adalah bumbu setiap kehidupan, tak ada satupun manusia yang lahir ke dunia ini tanpa masalah, karena sesungguhnya kelahiran kitapun bila ditafakuri adalah sebuah masalah tersendiri untuk orang tua kita.

Mengapa demikian?

Bayangkan saat anda dalam rahim bunda, betapa sulitnya beliau untuk berbaring, betapa berat beban yang dirasa ketika berjalan.  Andai sobatku tahu bahwa berat minimal yang dibawa seorang ibu dalam rahimnya adalah 9kg (menurut penelitian ahli), subhanallah….betapa beratnya…

Belumlah lagi saat sibayi mulai berkontraksi untuk keluar, betapa besar perjuangan seorang bunda berjibaku memperjuangkan hidup dan matinya untuk mengeluarkan anaknya…kita semua ini…

Betapa pusingnya ayah menyiapkan uang yang tak sedikit untuk biaya melahirkan, terkadang Caesar yang biayanya jutaan, belum biaya perlengkapan bayi yang mahal fdan biaya hidup kita, pernahkan anda berfikir itu semua adalah rangkaian masalah?

Sobat dari awal kita lahir merupakan satu rangkaian permasalahan, namun orang tua kita tak pernah menganggap itu masalah melainkan suatu proses kehidupan yang harus dijalani dengan senyuman.

Sobat…

Maka nikmatilah setiap permasalahan sebagai rangkaian perjalanan hidupmu yang harus kau lalui.  Ingatkah kita saat sekolah dulu, kita akan menghadapi ulangan harian misalnya, kita dipusingkan dengan segala macam persiapan dan ketakutan.  Namun saat semua berlalu, selesailah semua permasalahan.

Kita tahu, jika kita hendak sukses ujian harus belajar dengan giat, dekati guru yang membuat soal, tanyakan setiap materi yag belum kita fahami, tetapkan tujuan, dan jalani ujian dengan tersenyum, betul begitu?

Kalau aplikasi di atas kita terapkan dalam menghadapi permasalahan hidup, tentunya tak akan ada lagi masalah yang akan kita hadapi. Coba kita ikuti tahapan perjalannannya.

1.       Lihat masalah sebagai ujian yang harus dilalui

2.       Pelajari permasalahan yang kita hadapi sembari mencari solusinya

3.       Dekatkan diri kepada Sang Pencipta Ujian; Allah SWT

4.       Bertanya padanya dalam setiap do’a di sholat kita, bagai mana cara keluar dari masalah itu?

5.       Tetapkan tujuan: “Sukses Menjalani hidup dan rintangannya dengan tersenyum”

6.       Maka jalanimasalahmu alias ujian hidupmu dengan tersenyum

Ingat selalu Allah berpesan bahwa kita belum dinyatakan beriman jika belum diuji sebagaimana orang-orang dahulu mendapat ujian.  Hal ini lumrah, jika kita analogikan Tidak akan Jadi sarjana seseorang jika ia tidak kuliah dan menjalani ujian layaknya sarjana betulkan?

So…

Ternyata masalah itu indah, dan tak ada masalah di dunia ini, yang  ada hanya proses menuju kehidupan dan derajat lebih baik….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s